Minggu, 13 Mei 2012

Cara Meningkatkan Lompatan

Sebelumnya, lompatan tinggi dan bisa melakukan slam dunk bukan sesuatu yang dapat langsung anda dapatkan, melainkan dengan melakukan serangkaian latihan yang dapat memperkuat otot kaki agar menghasilkan lompatan yang tinggi.

Beberapa cara ini dapat digunakan untuk memperkuat otot anda :

- Cari kursi atau bata atau benda lain yang anda susun sampai setinggi kursi pada umumnya (misal kursi sekolah), berlatihlah melompati kursi itu ke kiri dan ke kanan, jangan ke depan dan belakang. Lakukan secara rutin dan dalam jumlah yang semakin bertambah sesuai kemampuan anda
Misal : minggu pertama anda hanya kuat 10, dan pada minggu kedua anda tambah menjadi 20 dan begitu seterusnya hingga batas kekuatan anda.

- Latihan lompat kodok, jika anda mampu, dapat sedikit diberi beban.

- Lompat tali(skiping) , dengan menggunakan bagian depan kaki.

- Jongkok sambil membawa barbel pada bahu (seperti yang dilakukan para atlit angkat besi), kemudian berdirilah dengan posisi barbel tetap di bahu dan kaki dengan posisi jinjit (hanya bertumpu dengan bagian depan kaki). Kemudian jongkok kembali dan lakukan latihan yang sama secara terus menerus.


Sekali lagi...semua latihan ini harus dilakukan secara rutin agar mendapat hasil yang maksimal.

ada lagi tips lain..
ada beberapa cara untuk jump lebih tinggi
1. Latih kekuatan perut anda dengan sit up
2. Seringlah bersepeda
3. Lakukan lompat engklek (lompat dengan satu kaki diangkat) setinggi mungkin dan sejauh mungkin lakukan beberapa set di lapangan basket, lakukan bergantian antara kaki kiri dan kaki kanan
4. Lakukan lompat ke depan dengan 2 kaki setinggi mungkin dan sejauh mungkin lakukan beberapa set di lapangan basket.
5. Lakukan lompat ke depan dengan 2 kaki sejauh mungkin kemudian lompat ke belakang sekitar 20 cm kemudian lompat lagi ke depan sejauh mungkin lakukan di sepanjang lapangan basket lakukan beberapa set.
6. Lakukan sprint beberapa set.
7. latihan angkat beban (tidak disarankan untuk yg masih masa pertumbuhan)
8. lakukan pemanasan sebelum melakukan latihan di atas untuk menghindari cedera
semoga bermanfaat.

2 komentar: