Minggu, 13 Mei 2012

Menghilangkan Jerawat (alami)

Jerawat adalah masalah umum yang sering di alami oleh hampir semua orang. Tidak terkecuali anda sendiri. Masalah jerawat itu jika tidak segera di tangani, akan membahayakan penampilan seseorang. Bahkan jerawat juga bisa merubah wajah seseorang menjadi rusak dan ada juga yang sampai tidak bisa di kenali lebay. Jika anda tidak ingin mengalami hal seperti ini. Sebaiknya anda mulai memerangi jerawat mulai dari sekarang. 

Penyebab jerawat

Penyebab jerawat itu bermacam-macam. Salah satunya adalah kurangnya keringat yang keluar karena jarang atau tidak pernah melakukan aktifitas yang bisa mengeluarkan keringat. Entah itu olahraga ataupun bekerja. Dan selain itu, terlalu banyak makan zat minyak atau makanan yang banyak mengandung lemak juga bisa menyebabkan tumbuhnya jerawat. Misalnya saja kacang, kedelai, susu, dll. Selain karena itu semua, jerawat juga bisa hadir karena darah kotor.

Cara mencegah jerawat

Untuk mencegah jerawat, anda bisa melakukan cara-cara di bawah ini agar jerawat tidak tumbuh subur di wajah anda. Dan berikut cara mencegah jerawat yang bisa anda coba.

~Sering cuci muka.

Untuk mencegah atau menghilangkan jerawat adalah sering cuci muka minimal 2 kali sehari. Semakin sering anda mencuci muka, maka akan semakin baik. Dengan mencuci muka, bermanfaat untuk menghilangkan minyak yang ada pada kulit anda. Jika anda jarang membersihkannya,maka bakteri penyebab jerawat akan hidup subur di wajah anda.

~Pilih kosmetik yang sesuai

Cara kedua, pilihlah kosmetik yang sesuai dengan kulit anda. Jadi jika kulit anda berminyak, maka gunakanlah kosmetik untuk kulit berminyak. Begitu juga sebaliknya.

~Minum air putih

Hampir 70% kulit kita terdiri dari air, dengan minum air minimal 2 liter sehari, maka kulit anda akan selalu fit dan sehat.

~Gunakan pelembab kulit

Cara selanjutnya adalah menggunakan pelembab. Dengan memakai pelembab, hal itu berguna untuk membantu menyehatkan kulit anda. Terutama dari kulit kering dan pecah-pecah.Namun perlu di jelaskan, pelembab yang anda pilih jangan pelembab yang berminyak. Karena pelembab berminyak bisa mengakibatkan menempelnya debu di wajah anda. Jadi pilihlah pelembab yang berbahan dasar air

~Bersihkan diri sebelum tidur

Mandi sebelum tidur juga bisa menjadi pilihan. Jika anda merasa sedikit repot, maka anda tidak harus mandi. Yang penting bagian wajah anda selalu dalam kondisi bersih sebelum tidur.

~Banyak makan sayuran.

Cara yang keenam perbanyak makan sayuran. Karena sayuran itu mengandung banyak vitamin yang menyehatkan kulit anda dari dalam. Kalau anda tidak suka sayur, anda bisa menggantinya dengan buah. Terutama buah yang banyak mengandung vitamin E.

~Istirahat yang cukup dan teratur

Cara terakhir adalah istirahat yang cukup juga teratur. Karena kulit juga sama seperti kita,butuh istirahat. Jadi biasakanlah untuk tidur yang cukup dan juga teratur. Karena saat kita tidur, kulit akan beregenerasi dan membuang racun-racun yang berbahaya sehingga saat kita bangun keesokan harinya kulit kita akan kebali segar.

Cara menghilangkan jerawat

Jika anda terlanjur memiliki jerawat, ada cara ampuh yang bisa anda coba untuk menghilangkannya. Tapi sekedar saran saja, jika anda sudah sembuh dari jerawat, sebaiknya anda tetap melakukan pencegahan agar jerawat tidak rujuk dengan wajah anda.
Untuk menghilangkan jerawat, yang perlu anda siapkan adalah buah mentimun, jeruk nipis atau buah tomat. Pilih salah satu saja yang menurut anda mudah di dapatkan. Setelah itu, belah menjadi dua buah pilihan anda kemudian gosok-gosokan pada wajah anda sebelum tidur. Setelah pagi hari atau ketika bangun tidur, gunakan handuk yang sudah di celupkan pada air hangat dan gosokan handuk tersebut pada wajah anda. Langkah terakhir, cuci wajah anda dengan air biasa.

Cara lain untuk menghilangkan jerawat bisa juga dengan ramuan alami buatan sendiri. Langkah pertama yang perlu di siapkan adalah Temulawak, kencur, biji asam, dan gula jawa. Cara membuatnya, kupas temulawak dan juga kencur kemudian cuci hingga bersih. Untuk masalah ukuran temulawak dan juga kencur, masing-masing sebesar ibu jari kaki sudah lebih dari cukup. Setelah temulawak dan kencur tadi sudah bersih, tambahkan dua biji asam dan gula jawa secukupnya. Kemudian tumbuk jadi satu semua bahan tadi sampai benar-benar halus. Setelah halus, masukan pada gelas yang sudah di beri air panas lalu minum. Lakukan cara ini setiap hari.
Itulah cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah dan mengobati jerawat. Silahkan di coba salah satu atau semuanya agar wajah anda bisa bebas dari yang namanya jerawat sehingga anda akan lebih merasa percaya diri dalam menjalani kehidupan. Jika anda punya cara lain, silahkan bagikan di sini jika tidak keberatan. Sebelumnya terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar